Mengobati Kura-kura Pilek Dengan Terramicyn cair




TobiasSetya-Pilek. Penyakit yang ditakuti oleh para penghobi dan peternak tidak terkecuali bagi penghobi kura-kura. Penyakit pilek pada kura-kura dapat terjadi karena cuaca yang extrim, perawatan sehari-hari yang salah atau bisa juga karena tertular oleh kura-kura lain.

Pilek jika tidak ditangani dengan benar akan membawa kematian pada hewan. Karena pilek dapat menurunkan nafsu makan dan kesulitan bernafas dan lama kelamaan kura-kura tidak mau makan sama sekali dan ahirnya mati.

Pilek pada kura-kura ditandai dengan keluarnya lendir pada lubang pernafasan dan pada beberapa kasus lendir berbentuk geleembung udara, lendir yang tidak dibersihkan lama kelamaan akan kering dan menyumbat lubang pernafasan yang menyulitkan kura-kura untuk bernafas.

Salah satu obat yang biasa digunakan para keeper kura-kura jika peliharaan mereka terkena pilek adalah terramicyn (cair) injeksi.




Apa itu terramicyn injeksi? Terramicyn injeksi adalah obat untuk perawatan infeksi bateri bakteri. Terramicyn injeksi ternyata sudah banyak digunakan oleh para peternak atau penghobi unggasa dan reptil. Biasanya para  penghobi atau peternak unggas terramicyn digunakan untuk mengobati pilek, ngorok, snot, korisa, luka setelah adu, gempor, lumpuh.

Namun untuk para penghobi reptil khususnya kura-kura banyak yang salah kaprah tentang penggunaan terramicyn injeksi. Beberapa penghobi kura mengaplikasikan terramicyn injeksi untuk mengobati pilek dan gangguan pernafasan seperti pnemonia dengan cara diteteskan langsung pada lubang hidung.

Entah siapa yang menngawali pemberian terramicyn pada kura-kura yang pilek dengan cara diteteskan padahal sudah tertera jelas bahwa obat tersebut bertuliskan intramuscular yang artinya injeksi didalam didalam otot.

Karena sejatinya obat tetes dan obat injek adalah berbeda. Maka dikawatirkan jika obat injek diberikan secara tetes maka hasilnya tidak akan maksimal atau bahkan akan memperparah keadaan.

Pun demikian hal ini sudah berlangsung cukup lama dan tersebar dari mulut ke mulut.

Tersebarnya berita salah kaprah ini juga bukan berati tanpa alasan, beberapa orang yang pernah melakukan metode pengobatan pilek dengan metode tetes mengklaim berhasil mengobati pilek pada kura-kura.

Semua kembali kepada anda selaku keeper, jika ragu kunjungi vet terdekat dan  berkonsultasilah.

2 Komentar untuk "Mengobati Kura-kura Pilek Dengan Terramicyn cair"

  1. numpang promote ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel