Ketapang Dan Cara Pengobatan shellroot Pada Kura-kura




Bagi penghobi ikan senior khususnya ikan cupang dan ikan lohan daun ketapang adalah sahabat dan dewa penolong.

Sekilas tentang daun ketapang, tanaman ketapang adalah tanaman asal dari Indonesia dan Malaysia, banyak tumbuh di kota dan di desa biasanya digunakan sebagai pohon peneduh karena memiliki daun yang lumayan lebar dan memiliki tajuk yang bagus.

Memiliki nama ilmiah Terminalia Catappa dan memiliki nama daerah kenari tropis, badamier, kenari jawa, kenari liar, kenari india.

Memiliki daun selebar telapak tangan berwarna hijau dan akan berubah warna menjadi merah ketika sudah tua dan gugur.

Daun ketapang kering mengandung humic dan dan tanin yang berfungsi menghambat bakteri dan jamur serta menyerap bahan-bahan kimia berbahaya.

Daun ketapang khususnya daun ketapang yang sudah kering atau yang sudah tua betul dan berguguran dapat mencegah dan mengobati jamur pada ikan.

Ternyata daun ketapang tidak hannya ampuh untuk mengobati ikan namun juga efektif untuk mengobati kura kura khususnya kura-kura air yang terkena jamur.

Fungsi daun ketapang menurunkan ph air, mencegah jamur white spot, anti biotik alami, pengobatan jamur dan bakteri penyebab penyakit.

Cara penggunaannya adalah cukup mengambil daun yang sudah gugur dan kering, kemudian cuci bersih daun dan rendam dengan air selama 2/3 hari sampai air rendaman berubah menjadi coklat pekat kemudian ambil air tersebut untuk merendam kura kura yang terinfeksi jamur. Atau bisa juga jika memiliki kolam memasukan daun ketapang untuk menstabilkan ph air dan mencegah bakteri, 2 sampai 3 lembar daun ketapang bisa untuk 60 liter air.

Untuk pengobatan kura-kura yang terkena shell root, pertama bersihkan tempurung  kura-kura yang terkena shellroot, beberapa orang menyarankan membersihkan luka shellroot ssampai benar-benar bersih yang artinya membuang sisa-sisa bagian cangkang yang teerkena shellroot sehingga sering selesai dibersihkan luka bekas shellroot akan mengeluarkan sedikit darah. Pada bekas luka yang telah dibersihkan tadi di tetesi dengan obat luka, obat luka bisa menggunakan yang biasa dipakai manusia seperti betadin dan lukastop. Daun ketapang 1 lembar yang sudah dibersihkan ditambah sedikit garam ikan digunakan untuk merendam kura-kura yang terkena shellroot.



Berikan makanan yang mengandung banyak kalsium pada kura-kura yang terkena shellroot agar proses pemulihan cangkang bisa cepat.

untuk pengobatan dan proses penyembuhan sampai cangkang normal kembali untuk kura-kura yang terkena shellroot membutuhkan waktu yang lama, sehingga harus butuh kesabaran.

Agar tidak terkena shellroot caranya cukup mudah cukup memberi pakan cukup gizi air yang bersih dan rutin jemur jika tidak bisa rutin menjemur sediakan basking yang terkena sinar matahari langsung biarkan kura-kura berjemur sesuai naluri mereka.


Selamat mencoba.

1 Komentar untuk "Ketapang Dan Cara Pengobatan shellroot Pada Kura-kura"

  1. numpang promote ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel