Suzuki FXR150
Bergenjil mau curcol mbah 🤣
1 Bulan yang lalu motor tiba-tiba mati diperjalanan menuju tempat kerja tepatnya 2km sebelum sampai kantor..
Coba minggir sebentar, test killswitch posisi on, kran bensin on, kontak on normal, starter normal, tapi motor masih ga mau hidup..
Lumayan pusing juga, akhirnya motor pun di stut sampai kantor..
Lumayan pusing juga, akhirnya motor pun di stut sampai kantor..
Posisi bengkel jauh + emg ga suka ke bengkel 😂
Bermodalkan google, youtube dan tanya2 ke sana-sini akhirnya nyoba bertekad untuk benerin sendiri dikantor..
Bermodalkan google, youtube dan tanya2 ke sana-sini akhirnya nyoba bertekad untuk benerin sendiri dikantor..
Besoknya persiapan bawa kunci-kunci dari rumah untuk bongkar tu motor,
Percobaan pertama cek busi, copot tangki lepas cop busi dan di cek busi lumayan hitam, coba untuk bersihin dulu lalu tancep ke cop busi, tempel ke massa dan selah ternyata ga ada percikan listrik di kepala busi
*Indikasi pertama busi tewas*
Percobaan pertama cek busi, copot tangki lepas cop busi dan di cek busi lumayan hitam, coba untuk bersihin dulu lalu tancep ke cop busi, tempel ke massa dan selah ternyata ga ada percikan listrik di kepala busi
*Indikasi pertama busi tewas*
Besoknya mampir ke bengkel beli busi, kebetulan FXR ini businya 11 12 sama FU, dan setelah dipasang ternyata masih belum ada percikan listrik dikepala busi..
Coba tes kabel koil langsung jumper ke massa dan selah ada percikan listrik hanya sekelibat habis itu hilang, coba tes jalur cdi-koil posisi sama listrik kadang ada kadang engga
*indikasi kedua cdi tewas*
Coba tes kabel koil langsung jumper ke massa dan selah ada percikan listrik hanya sekelibat habis itu hilang, coba tes jalur cdi-koil posisi sama listrik kadang ada kadang engga
*indikasi kedua cdi tewas*
Coba cari2 cdi di online shop + tanya2 teman juga dapatlah cdi merk predator yg mmg PNP untuk FXR, langsung order cus ga lama barang sampe (btw buat jaga2 sekalian juga beli koil smash + cop busi satria FU karna kabel koil dan cop busi lama karatan abis)
Besoknya ngoprek agi, setelah coba buka cdi lama ternyata eh ternyata pemiliknya yg dulu udh ganti cdi + soket cdi pake punya FU lama alhasil cdi FXR yg udh di beli ga bisa masuk karna perbedaan soket...
Akhirnya karna kebetulan baru angkat FU juga, dicobalah cdi FU yg di FXR diswitch ke FU yg dirumah dan alhasil cdi normal (dalam hati rugi beli cdi baru 😭)
Tapi gpp namanya juga belajar, lanjut ke prognosa berikutnya setelah googling2 infonya bisa jadi karna spul/pulser bermasalah
*indikasi ketiga spul tewas*
Besoknya ngoprek agi, setelah coba buka cdi lama ternyata eh ternyata pemiliknya yg dulu udh ganti cdi + soket cdi pake punya FU lama alhasil cdi FXR yg udh di beli ga bisa masuk karna perbedaan soket...
Akhirnya karna kebetulan baru angkat FU juga, dicobalah cdi FU yg di FXR diswitch ke FU yg dirumah dan alhasil cdi normal (dalam hati rugi beli cdi baru 😭)
Tapi gpp namanya juga belajar, lanjut ke prognosa berikutnya setelah googling2 infonya bisa jadi karna spul/pulser bermasalah
*indikasi ketiga spul tewas*
Kebetulan dulu pernah beli spul set punya nya shogun 125 (infonya PNP FXR), gue beli buat stok aja siapa tau hasil gulungan spul ditukang dinamo rusak (dulu pernah gulung ulang ditukang dinamo)
Okeh siap-siap dari rumah bawa bak tampung oli, kunci T8 untuk bongkar blok kiri dikantor dan jengjeng ternyata ga PNP 🤣
Kabel spul/pulser shogun itu ternyata lebih pendek, alhasil kudu sambung kabel dulu biar bisa sampe ke soket kabel body
Besoknya langsung cari kabel sekun selotip dll proses sambung kabel berjalan dengan lancar, akhirnya pasang lagi blok mesin dan setelah di tes MASIH GA ADA PERCIKAN LISTRIK DI BUSI 🤣
*indikasi mumet*
Okeh siap-siap dari rumah bawa bak tampung oli, kunci T8 untuk bongkar blok kiri dikantor dan jengjeng ternyata ga PNP 🤣
Kabel spul/pulser shogun itu ternyata lebih pendek, alhasil kudu sambung kabel dulu biar bisa sampe ke soket kabel body
Besoknya langsung cari kabel sekun selotip dll proses sambung kabel berjalan dengan lancar, akhirnya pasang lagi blok mesin dan setelah di tes MASIH GA ADA PERCIKAN LISTRIK DI BUSI 🤣
*indikasi mumet*
Sempat putus asa dan berpikir mau sewa mobil bak aja bawa ke bengkel nyerah udah nyerah, posisi sabtu minggu main ke bekasi dan ngobrol sama sodara (orang bengkel) dan ada sodara juga pernah ngalamin persis seperti cerita gue diatas pada motor mio, dia bilang udh ganti berbagai part (cdi, koil, spul) bahkan cdi sampe 2x mati ternyata penyebabnya kemungkinan ada kabel body yg putus
Dari situ langsung mikir wah masih ada harapan nih 😁
*indikasi keempat kabel body putus*
Dari situ langsung mikir wah masih ada harapan nih 😁
*indikasi keempat kabel body putus*
Cuma untuk tes kabel mana yg putus butuh effort yg luar biasa
Posisi udh mager dan ga ada waktu juga akhirnya coba buka online shop dan cari lapak yg jual kabel body FXR dan ternyata ada yg jual masih baru 🤣
Gas langsung beli, ga lama barang sampe langsung prepare buat copot semua body motor untuk ganti kabel body dan akhirnya cdi FXR yg terlanjur kebeli bisa terpakai (ga jadi sia-sia) 😁
Setelah hampir 1 jam lebih akhirnya selesai pasang semua soket2nya dan coba tes busi akhirnya setelah satu bulan percikan listrik muncul kembali dimotor ini 😍
Posisi udh mager dan ga ada waktu juga akhirnya coba buka online shop dan cari lapak yg jual kabel body FXR dan ternyata ada yg jual masih baru 🤣
Gas langsung beli, ga lama barang sampe langsung prepare buat copot semua body motor untuk ganti kabel body dan akhirnya cdi FXR yg terlanjur kebeli bisa terpakai (ga jadi sia-sia) 😁
Setelah hampir 1 jam lebih akhirnya selesai pasang semua soket2nya dan coba tes busi akhirnya setelah satu bulan percikan listrik muncul kembali dimotor ini 😍
Langsung pasang tangki, selah berkali2 akhirnya motor bisa hidup setelah 1 Bulan 1 minggu tengkurep di kantor 😍
Lelah dan butuh banyak pengeluaran memang, tapi hasilnya bener2 bikin speechless pengen teriak "gue akhirnya bisa" 🤣
Yah banyak pengalaman yg bisa diambil dari 1 masalah aja dari yang sebenernya banyak bgt masalah2 lain sebelum ini (maklum motor tua)
Yah banyak pengalaman yg bisa diambil dari 1 masalah aja dari yang sebenernya banyak bgt masalah2 lain sebelum ini (maklum motor tua)
Sempet niat mau jual ni motor tapi masih ragu-ragu, dengan berbagai pertimbangan akhirnya coba lanjut dulu untuk rawat ni Thunder Modif 😁
Kedepannya mungkin jadi pelajaran juga bagi semua (khususnya awam kaya gue) kalau ada trouble baiknya dikomunikasikan dulu dengan ahli nya sebelum ngoprek2 sendiri 🤣
Suzuki FXR 150
Tahun 2004
THE END
Tahun 2004
THE END
@sartiablizard
Belum ada Komentar untuk "Suzuki FXR150"
Posting Komentar