Red Foot /Chery Head Tortoise (Kura-kura Darat Red Foot /Chery Head)

Kura-kura red – footed (Chelonoidis carbonaria) ( Spix , 1824 ).

Dinamakan "carbonaria" karena warna kerapasnya memang begitu gelap bagai batu bara. Kura ini menyebar di Amerika Selatan, dan jarang ditemukan di hutan belantara lebat amazone.

Habitat yang disukai bervariasi tergantung daerah tetapi umumnya meliputi suhu musiman yang konsisten mendekati pada suhu 30°C yang jarang terdapat di suhu yang lebih rendah dari 20°C atau lebih tinggi dari 35°C, biasanya dengan kelembaban tinggi dan banyak curah hujan meskipun beberapa juga tinggal di daerah yang cukup kering. Sebagian besar rentang keberadaannya di musim basah dingin ( April-Agustus ) dan di musim kemarau yang lebih hangat (September -Maret) , tetapi hanya bagian rentang selatan yang memiliki suhu dingin sesekali. Kura-kura carbonaria sering ditemukan di atau dekat daerah transisi antara hutan dan savana, seperti pinggiran hutan lebat, tepi hutan berkayu, atau di sepanjang saluran air.

Terbagi menjadi dua varian (bukan spesies), nama cherry Head/yellowfoot adalah nama di dalam dunia perdagangan hewan peliharaan:

1. gambar atas adalah kura cherry head yang ukuran dewasanya 25-28 cm yang penyebarannya lebih ke utara dan

2. gambar bawah adalah redfoot/yellow foot yang ukuran dewasanya 30-32 cm yang penyebarannya di daerah yang lebih ke selatan.
*gambar oleh Oris
*gambar oleh Oris
▪️Cara set up kandangnya: -Siapkan kandang dari apa saja bisa seperti yang digunakan dalam gambar ini -Usahakan peletakan lokasi kandang memiliki suhu tidak lebih dari 30 derajad celcius. -Gunakan substrat yang bisa menjaga kelembaban salam waktu lama, misalnya forest bark, cocopeat/spagnum moss -Siapkan tempat makan dam minum untuk chery head tortois anda -Siapkan lampu uvb untuk menjaga sintesis metabolisme chery head anda salam mencerna makanan. ▪️Cara perawatannya: -Beri makan 1-2 x sehari menggunakan sayur misal sawi, pakcoy, buah-buahan misal pepaya atau bisa juga menggunakan pelet torto yang sekarang banyak beredar dipasaran. -Spray subatrat 1-2 x sehari agar tetap lembab. -Hidupkan lampu uvb 6-8 jm sehari di pagi-apre hari. Semoga bermanfaat, apabila ada kesalahan atau koreksi kami sangat menerima, thankyu

1 Komentar untuk "Red Foot /Chery Head Tortoise (Kura-kura Darat Red Foot /Chery Head)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel