Iguana dan cara pemeliharaannya







Iguana, jaman sekarang siapa yang tidak tau binatang ini, reptil  yang mempunyai penampilan  garang menyeramkan  tetapi takdir hidupnya adalah full vegetarian dan juga jika di pelihara dari kecil bisa menjadi kawan yang jinak.

Hewan reptil yang berasal dari benua Amerika sudah tersebar sampai di Indonesia dan sekarang banyak dijumpai diperjual belikan sebagai hewan peliharaan yang murah meriah(tidak semua murah).

Dengan merogoh kocek sebesar Rp 300.000,- anda sudah dapat memiliki peliharaan exotic. Harga tersebut bukan jadi patokan untuk seekor baby iguana karena tergantung kualitas dan ketersediaan barang. Untuk jenis kuning albino dan biru masih cukup mahal.

KANDANG
Sebelum memiliki iguana sebaiknya kita juga memikirkan kandang. Kandang iguana harus cukup luas karena jika tidak cukup luas bisa menghambat atau bahkan mengganggu pertumbuhan.

Karena iguana bisa tumbuh sampe hampir 2 meter maka sebaiknya kandang disesuaikan. Berikan kayu panjang sebagai



*contoh kandang iguana dewasa


*contoh kandang khusus penjemuran


Makanan / menu diet
Iguana ditakdirkan untuk menjadi vegetarian penuh seumur hidupnya. Jadi menu diet atau makanan adalah sayuran, wortel yang diparut, toge, kangkung,penambahan calcium cukup 1 minggu sekali. Meskipun vegetarian tapi ada beberapa kasus iguana memakan jangkrik, hal ini sebaiknya dihindarkan jika sering bisa mengakibatkan gagal ginjal.

PERAWATAN
Untuk perawatan iguana cukup mudah, pembersihan kandang dilakukan tiap hari, buang kotoran dan sisa pakan iguana

Rendam atau mandikan iguana tiap pagi hal ini bertujuan untuk menghindarkan dari penyakit jamur + dehidrasi

Jemur iguana tiap hari antara jam 7 - jam 11, penjemuran adalah faktor yang amat penting karena iguana termasuk reptil berdarah dingin dimana metabolisme tubuhnya tergantung pada panas sinar matahari, selain itu sinar matahari membantu pembentukan vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh iguana.

Selalu awasi penjemuran karena iguana bisa kabur atau dimangsa kucing, jika terlalu lama di jemur iguana bisa dehidrasi atau terkena heat stroke yang ditandai badan kaku atau lumpuh bisa sebagian lumpuh atau full lumpuh seluruh badan.
*

SEXING
Don't say "unsex" for your iguana.
jantan = ada femoral sama hemipenal buldges
betina = ada femoral sama cloaca(vent)
perbedaanya itu aja sih, yg bisa diliat hemipenal buldges sama cloaca nya
jadi berharap jangan bilang unsex lagi ya kalo udh jelas perbedaanya?

*untuk sexing iguana jangan lihat femoral, krn dengan femoral bisa terkecoh soalnya iggy betina dan jantan punya femoral. jdi untuk membedakannya adalah dgn melihat hemipenal buldges dan cloaca nya.


TAMBAHAN
Iguana bukanlah boneka yang manis lucu dan penurut, iguana bisa menyerang keeper(perawat) selalu awasi anak kecil yang bermain dengan iguana anda.



Cara paling mudah menjinakkan iguana adalah pelihara sejak kecil dan sering ajak interaksi. Selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Iguana dan cara pemeliharaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel