Extra Fooding (EF) untuk burung pekicau

Dalam memelihara burung kicau, para pemelihara atau disebut kicau mania tentunya menginginkan hasil yang terbaik, burung mereka bisa gacor atau sering berkicau dan sehat pastinya. Dan untuk yang berternak burung menginginkan burungnya terus produktif.

Semua itu tidak lepas dari sistim perawatan burung yang benar.

Salah satu sistim perawatan tersebut adalah pemberian pakan, di toko burung banyak dan mudah didapatkan berbagai jenis makanan dalam kemasan (pelet/voer) untuk burung kicau kita.

Semua pakan dalam kemasan (pelet/voer) tersebut semuanya baik namun perlu diingat burung kesayangan tetap butuh Extra Fooding (EF)

Apa itu Extra Fooding (EF)?
Extra Fooding (EF) adalah makanan tambahan bagi burung kicau yaitu makanan selain pelet/ voer burung

Seberapa Penting Extra Fooding (EF)?
EF sangat penting bagi burung kicau karena bisa memenuhi nutrisi yang tidak terdapat pada voer/ pelet burung. Nutrisi yang terpenuhi berakibat burung sehat dan mau berkicau sepanjang hari, tidak mudah sakit dan untuk peternak burung bisa lebih produktif serta menekan angka kematian anakan.


Jenis-jenis Extra Fooding 
Macam-macam EF yang biasa diberikan pada burung kesayangan antara lain


  • Kroto
Sudah sejak lama kroto dijadikan EF, wujud belom sempurna dari semut rang-rang yang biasa bersarang di pohon mangga atau rambutan, tiap toko burung pasti ada, permintaan sangat tinggi, harga cenderung naik. Kroto menjadi menu wajib bagi para burung kicau mania, pembemberian 1 sendok di pagi dan sore hari.

  • Ulat Kandang, ulat Hongkong, ulat jerman
Ketiga ulat ini memiliki bentuk ciri yang sama dan ketiganya pula sebenarnya adalah larva kumbang yang yang membedakan adalah ukuran untuk yang terkecil adalah ulat kandang ukuran hampir sama dengan lidi
Ulat hongkong ukuran lebih besar dari ulat kandang ukurannya sebesar batang korek api
Yang terahir ulat jerman ukurannya paling besar bisa 2 kali ukuran ulat hongkong.
Untuk ulat hongkong pemberian pada burung tidak perlu terlalu banyak, konon ulat hongkong mempunyai sifat panas jadi bisa merontokkan bulu.

  • Jangkrik
Sudah menjadi menu wajib bagi burumg kicau mania, mudah di dapat dan harga cenderung stabil.

  • Ulat bambu
Tekstur lembut dipercaya bersifat dingin menurunkan birahi yang berlebih tetapi membuat gemuk jadi pemberian tidak perlu banyak, disamping barang yang tersedia cukup terbatas.

  • Ulat daun pisang
Hampir sama dengan ulat bambu bersifat dingin, namun yang perlu diperhatikan adalah serbuk seperti tepung pada ulat perlu dibersihkan, serbuk putih bisa menyebabkan mata burung menjadi bengkak.




  • Cacing tanah
  • Cacing tanah banyak mengandung protein, cacing tanah banyak digunakan peternak murai batu, kacer, anis kembang


    • Cere/ menje
    Sejenis kecoa namun memiliki ukuran lebih kecil memiliki nutrisi lebih banyak dari jangkrik

    • Lipan/kelabang
    Bisa menaikkan birahi  pemberian tidak perlu sering-sering.

    • Berudu/ kecebong/ katak kecil
    Sumber protein yang bagus bagi burung kicau untuk anak katak sebaiknya dipotong-potong karena ukuran besar menyusahkan waktu dimakan burung

    • Telur rebus
    EF paling mudah didapat murah meriah, bisa menjadi alternatif jika tidak tersedia kroto dipasaran.
    Cara pemberian telur rebus di kupas dan di cincang kasar, dan berikan pada burung.

    • Kecoa Dubia
    Sejenis kecoa namun tidak seperti kecoa di dapur rumah kita, EF kecoa dubia masih belum terlalu familiar dikalangan kicau mania padahal kandungan nutrisinya lebih bagus daripada jangkrik, kecoa dubia lebih terkenal dikalangan pecinta reptil.

    • Belatung
    EF yang lagi naik daun, belatung mengandung banyak protein,karena belatung jadi asalnya dari lalat, belatung ini aman untuk konsumsi burung kicau. Bukan berasal dari sembarang lalat apalagi lalat hijau, belatung ini berasal dari lalat jenis black shoulder.

    Demikian uraian jenis-jenis EF yang bagus untuk burung kicau mania, untuk para peternak pemberian EF bisa di full dan  pemberian pelet/ voer bisa dikurangi atau bahkan stop. Usahakan pemberian EF bervareatif setiap harinya. EF yang saya sebut tadi bisa di berikan untuk beberapa reptil dan kura-kura.

    Demikian terimakasih, selamat mencoba.

    Belum ada Komentar untuk "Extra Fooding (EF) untuk burung pekicau"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel