Lobster Saus Padang Praktis

Gabutnya bini hasilnya positif, pagi ini bini
Libur kerja setelah berberes rumah bini masih g bisa diem padahal lagi hamil 8 bln, alhasil  sang suami di ubrak-ubrak suruh antar bini ke TPI (*tempat pelelangan ikan) dekat rumah, sebenarnya tidak dekat-dekat amat sekitar 30 menit naik sepeda motor.

Tanpa mandi cukup cuci muka dan tentunya sarung, saya dan bini tancap gas ke TPI tentunya setelah manasin scoopy kesayangan, 30 menit melaju sampe ke TPI dan kebetulan sepi tapi masih ada yang jual.

Pilan jatuh pada lobster, untuk jenis klo tidak salah jenis lobster mutiara


Maskot 2 kg lebih dikit, harga per kilo-nya kena Rp 180.000,- jadi untuk ukuran tersebut diharga Rp 360.000,- dan itu bisa ditawar kalo kita lagi  beruntung bisa dapat harga 340-350 tapi kalo apes ya paling kita cuma dikasi bonus 1 lobster kecil.

Kembali lagi ke lobster, ya karena harganya yang lumayan tadi kita memutuskan tidak jadi membeli lobster tadi, disamping alat memasak yang kita punya dirumah ukurannya tidak memadahi alias mini-mini. 

Ahirnya bini tetap menjatuhkan pilihan pada lobster tapi dengan ukuran yang lebih kecil. Untuk 1 kg dengan jumlah 8 ekor lobster dibandrol dengan harga Rp 140.000,- ya memang untuk lobster dengan ukuran kecil harga lebih murah.

Waktu masih menunjukkan pukul 08.00 lebihnya dikit, lobster sudah sukses dan sah serta halal berpindah tangan langsung kita pulang tak lupa membeli bumbu dapur buat masak lobster.

Untuk bumbu-bumbu yang di beli adalah sebagai berikut.
1. Bawang merah
2. Bawang putih
3. Bawang bombay
4. Jahe
5. Kunyit
6. Cabe merah besar
7. Cabe rawit
8. Daun salam
9. Daun jeruk 
10. Merica
11. Saus tomat dan cabe
12. Saus tiram
13. Tomat
14. Gula dan garam tidak beli karena masih banyak
15. Jagung manis 2 tongkol

Keren gak saya tau jenis bumbu dapur hehheheh, karena belinya sedikit-sedikit jadi habisnya uang juga gak banyak kalau gak salah  Rp 20.000,- an

Sampai dirumah langsung eksekusi, saya kebagian membersihkan lobster, seumur-umur baru pegang lobsster dan membersihkan perlu sedikit kehati-hatian karena lobster ada sedikit duri-duri di kulitnya kalau g hati-hati bisa sobek kulit kita,sebelum dimasak lobster di buang sungutnya atau antena-nya karena antena lobster 2x panjang badannya, setelah di cuci bersih belah kulit bagian atas agar bumbu bisa meresap dan membuat rasa lobster makin mantab.

Cara memasak lobster
1. Setelah dibersihkan dan di belah Rebus lobster dalam air mendidih selama kurang lebih 10 menit atau jika kulit lobster sudah berubah warna menjadi kuning. Setelah 10 menit atau sudah berubah warna angkat dan tiriskan

2.Haluskan bumbu bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, cabe merah dan cabe rawit
3. Rajang bawang bombay dan tumis dengan minyak atau kalau pingin lebih sedap bisa menggunakan margarin, setelah layu masukkan bumbu halus tumis hinggga harum
4. Masukkan daun salam dan daun jeruk 
5. Masukan saus tomat, cabe dan saus tiram
6. Masukan jagung dan tambahkan air sampai jagung teredam sepenuhnya.
7. Masak sampai air berkurang setengah dan masukkan lobster aduk-biar tercampur sampai air berkurang, tambahkan gula garam dan merica sesuai selera.
8. Tambahkan irisan daun bawang 
Lobster ala-ala saus padang siap di nikmati
Sekian terimakasih. Selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Lobster Saus Padang Praktis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel