Berternak kecoa mungkin bagi sebagian besar orang akan menyerengitkan dahi karena yang kita ketahui kecoa adalah hewan pengganggu di sekitar kita, konon katanya bisa membawa bibit penyakit.

Namun kecoa yang ini bukan kecoa yang sering kita jumpai di rumah atau di selokan.

Meskipun sama-sama dari kluarga kecoa namun kecoa ini berbeda, memiliki bentuk yang lebih besar, kaki pendek , tidak bisa terbang, tidak gesit, tidak bisa memanjat pada permukaan yang licin, kulit tidak keras dan tidak berbau seperti kecoa rumah.

Memiliki nama kecoa Dubia , kecoa yang berasal dari Amerika tengah mulai dilirik untuk dibudidayakan sebagai pakan hewan peliharaan kita.

Kecoa dubia bisa dijadikan bagian dari menu makan hewan peliharaan anda seperti burung kicau khususnya burung pemakan serangga, sugar glider, keluarga varanus atau kadal-kadalan, bearded dragon, kura- kura air, gecko, chameleon, tarantula.

Baca : Kecoa Dubia sebagai Extra Fooding

Kecoa dubia memiliki kandungan nutrisi yang lebih bagus dari pada jangkrik dan aman diberikan setiap hari.

Cara pemeliharaan kecoa dubia adalah sebagai berikut
1. Wadah.
Siapkan wadah dengan permukaan dinding licin seperti kotak plastik atau aquarium

2. Media.
Kecoa dubia senang bersembunyi sehingga butuh media untuk bersembunyi, tempat telur bekas yang berasal dari kertas sangat pas sebagai media bersembunyi.

3. Tempat minum.
Cawan yang berisi air dan di beri kapas atau batu kerikil, kapas dan kerikil bertujuan untuk mencegah kecoa tenggelam

4. Makanan
Menu makan kecoa dubia bisa berupa sisa sayur, wortel ,jeruk pelet ikan dan ayam juga bisa diberikan.

Setiap satu bulan sekali sebaiknya membersihkan kotak kandang kecoa dari kotoran.

Membedakan jenis kelamin kecoa dubia, kecoa dubia dewasa mudah untuk dibedakan untuk kecoa jantan memiliki sayap meskipun tidak bisa tefbang dan kecoa betina tidak memiliki sayap. Untuk kecoa yang belom dewasa jantan dan betina sama-sama tidak memiliki sayap.

Kecoa dubia berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak. Telur dierami didalam tubuh sang induk betina dan jika sudah waktunya anakan kecoa yang berwarna putih akan kluar dari tubuh induk betina yang seolah-olah sang induk melahirkan.

Induk betina bisa mengeluarkan puluhan anakan dalam sekali melahirkan.

Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel